Anda sebagai calon pengguna Portal Akseleran wajib membaca dan memahami informasi ini sebelum melakukan pendaftaran sebagai Pemberi Dana maupun Penerima Dana:
- PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia ("Akseleran") adalah badan hukum Indonesia selaku penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) secara konvensional serta telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, yangmempertemukan Pemberi Dana dengan Penerima Dana dalam melakukan pendanaan konvensional secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan internet. Kegiatan usaha Akseleran tunduk kepada seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan LPBBTI;
- Akseleran hanya dapat mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola, memproses, dan/atau menggunakan Data Pribadi Anda setelah mendapatkan persetujuan dari Anda;
- Akseleran hanya dapat mengakses kamera, lokasi, dan mikrofon pada gawai milik Anda;
- Jika Anda sebagai Pemberi Dana:
- Sebelum memanfaatkan layanan Portal Akseleran, Anda harus memahami transaksi dan isi perjanjian LPBBTI;
- Seluruh risiko pendanaan yang timbul dalam transaksi LPBBTI ditanggung sepenuhnya oleh Anda. Pendanaan mengandung risiko, diantaranya risiko kredit/gagal bayar, risiko likuiditas agunan, maupun risiko proses hukum. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut. Pastikan Anda memahami risiko yang ada sebelum Anda memberikan pendanaan. Pelajari risiko lebih lanjut dengan menuju halaman Risiko Pemberian Pendanaan;
- Jika Anda sebagai Penerima Dana, sebelum memanfaatkan layanan Portal Akseleran, Anda harus memahami transaksi dan isi perjanjian LPBBTI dan wajib mempertimbangkan tingkat bunga pendanaan dan biaya-biaya lainnya sesuai dengan kemampuannya dalam melunasi pendanaan;
- Akseleran bertanggung jawab dalam hal terjadi kelalaian atau kesalahan yang disebabkan oleh Akseleran dan menimbulkan kerugian bagi Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana;
- Anda menjamin keaslian seluruh dokumen yang disampaikan kepada Akseleran. Atas setiap pemalsuan dokumen atau tindak pidana lain yang dilakukan oleh Anda, Akseleran dapat melakukan upaya hukum termasuk memproses tindakan yang dimaksud kepada pihak yang berwenang;
- Akseleran tidak mengenakan biaya apa pun kepada Anda atas pelayanan pengaduan pengguna;
- Apabila Penerima Dana gagal melakukan pembayaran atas pendanaan dalam waktu yang ditentukan, maka Akseleran dengan menggunakan usaha terbaiknya akan melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk mengambil pelunasan atas jumlah yang terhutang tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Menghubungi Penerima Dana; dan/atau
- Melakukan penagihan terhadap Penerima Dana oleh karyawan internal Akseleran (internal collector); dan/atau
- Menggunakan jasa kuasa hukum (lawyer) dan/atau jasa penagihan pihak ketiga (external collector) untuk mengambil pelunasan atas jumlah yang terhutang terhadap Penerima Dana.
- Latar Belakang
- Kebijakan Privasi ("Kebijakan") ini berlaku dan mengikat seluruh pengunjung portal Akseleran baik melalui website (www.akseleran.co.id) maupun aplikasi mobile (aplikasi Akseleran) ("Portal"), khususnya anggota Akseleran yang telah terdaftar, termasuk Anda. Dengan mengakses dan/atau menggunakan layanan yang tersedia pada Portal, maka Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan-ketentuan Kebijakan ini.
- Kebijakan ini dibuat agar Anda mengetahui perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, penyebarluasan, pengungkapan, pembukaan akses, perbaikan, pembaruan, penghapusan dan pemusnahan atas data-data pribadi Anda yang kami lakukan, sebelum Anda memberikan data pribadi Anda.
- Perolehan dan/atau Pengumpulan Informasi
- Kami mengumpulkan informasi dan data pribadi Anda (i) yang Anda berikan secara langsung kepada kami, (ii) yang terkait dengan penggunaan Portal oleh Anda, dan (iii) yang diberikan oleh pihak ketiga dengan persetujuan Anda.
- Data pribadi Anda sebagaimana disebut dalam Angka 2.1 di atas termasuk, namun tidak terbatas pada:
- data identitas dan profil Anda, termasuk KTP, NPWP, Paspor dan KITAS/KITAP (jika anda berkewarganegaraan asing), nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, alamat, nomor rekening bank, agama, nama gadis ibu kandung, status perkawinan, pekerjaan, tujuan penggunaan Portal, informasi keuangan, sumber dana, alamat email, nomor telepon, swafoto, latar belakang pendidikan, dan informasi terkait identitas dan profil lainnya yang relevan;
- pola atau kebiasaan Anda dalam penggunaan Portal, profil risiko Anda, portfolio pemberian pendanaan Anda, sejarah pencarian atau penggunaan layanan, transaksi yang Anda lakukan di Portal, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya;
- alamat IP Anda, informasi login Anda, perangkat keras dan perangkat lunak (termasuk tipe dan versi browser serta sistem operasi) dan versi aplikasi Akseleran yang Anda gunakan, serta informasi teknis lainnya terkait penggunaan Portal oleh Anda dan
- dalam hal terjadi gangguan pada saat penggunaan Portal, informasi yang berkaitan dengan terjadinya gangguan seperti menu atau halaman pada Portal saat gangguan terjadi, tanggal dan waktu gangguan terjadi, menu atau tombol yang telah diklik, pesan yang ditampilkan pada Portal, serta informasi lainnya yang relevan.
(Informasi sebagaimana disebut dalam Angka 2.2 di atas selanjutnya disebut sebagai "Data Pribadi" Anda)
- Pengolahan dan Penganalisisan Informasi
- Kami menggunakan Data Pribadi Anda untuk (i) memverifikasi kelayakan Anda sebagai pengguna, (ii) memberikan akses layanan yang disediakan di Portal kepada Anda, (iii) menyelesaikan hak dan kewajiban kepada Anda sebagai pengguna Portal, (iv) mengawasi penggunaan layanan di Portal oleh Anda, (v) memproses dan mengelola akun Anda, (vi) memberikan otorisasi penggunaan akun Anda di Portal, (vii) mendeteksi, mencegah, dan menyangkal setiap tindakan melawan hukum terhadap atau oleh Anda, (viii) melakukan audit internal maupun eksternal, (ix) melakukan pemasaran yang efektif dan relevan, (x) meningkatkan kualitas layanan dan performa Portal, (xi) keperluan pelaporan kepada pihak yang berwenang dan otoritas pemerintahan terkait manapun, termasuk tetapi tidak terbatas kepada Otoritas Jasa Keuangan dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, (xii) keperluan penagihan (collection) pelunasan pendanaan jika Anda adalah sebagai Penerima Dana, dan (xiii) untuk hal-hal lainnya yang terkait dengan kegiatan usaha Akseleran sebagai Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.
- Kami melakukan pengolahan dan analisis data identitas dan profil Anda, pola atau kebiasaan Anda dalam penggunaan Portal, serta informasi teknis terkait penggunaan Portal oleh Anda, dengan tujuan (i) untuk meningkatkan layanan yang dapat kami berikan kepada seluruh pengguna Portal maupun (ii) untuk meningkatkan performa usaha Portal, termasuk sebagai bahan targeted marketing kami.
- Penyimpanan Data
- Kami melakukan penyimpanan Data Pribadi Anda dengan teknologi enkripsi sesuai standar ISO 27001 untuk memastikan keamanan Data Pribadi Anda.
- Data Pribadi Anda kami simpan paling tidak sampai dengan 5 (lima) tahun sejak Anda berakhir menjadi pengguna Portal kami, sesuai dengan persyaratan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila Anda ingin agar Data Pribadi Anda dihapus sebelum itu, maka Anda dapat mengirimkan permohonan kepada team@akseleran.com u.p. Customer Service.
- Data Pribadi Anda kami simpan pada pusat data kami serta pusat pemulihan bencana kami yang berlokasi di Indonesia.
- Pengungkapan dan Pembukaan Akses
Kami akan menjaga kerahasiaan Data Pribadi Anda. Namun demikian, Anda setuju bahwa kami dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak yang dianggap perlu oleh kami yang terkait dengan kegiatan usaha kami sebagai Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, termasuk namun tidak terbatas kepada:- direktur, komisaris, atau karyawan Akseleran;
- mitra serta penyedia jasa penunjang atas aktifitas usaha Akseleran, termasuk mitra kerjasama channeling, penyedia payment gateway, penyedia sistem analisis psychometric, bank, penyelenggara sertifikasi elektronik untuk pembuatan tanda tangan elektronik, agen penjual efek reksa dana, konsultan atau penyedia jasa penilaian kelayakan usaha dan kredit, perusahaan asuransi kredit, konsultan hukum, konsultan keuangan, konsultan teknis, konsultan pajak, dan penyedia jasa aplikasi pajak yang ditunjuk Akseleran untuk memberikan jasa penunjang yang relevan;
- Fintech Data Center (FDC) yang didirikan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), untuk keperluan pelaporan data kredit Anda sebagai Penerima Dana di Akseleran;
- pihak-pihak lain yang terkait dengan kegiatan usaha Akseleran; dan
- Otoritas Jasa Keuangan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, serta pihak yang berwenang lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Perubahan Data Pribadi
- Anda berkewajiban untuk menjaga keakuratan dan kemutakhiran dari Data Pribadi Anda.
- Anda dapat mengubah Data Pribadi terdaftar Anda melalui Portal.
- Kami dapat melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memastikan keakuratan dan kemutakhiran Data Pribadi Anda, termasuk dengan menghubungi Anda.
- Data Pribadi Anak Bawah Umur
Dalam hal terdapat Data Pribadi dari pengguna yang ternyata masuk dalam kategori anak di bawah 17 (tujuh belas) tahun, maka orang tua atau wali dari anak bawah umur tersebut dapat meminta Akseleran untuk menghapus Data Pribadi anak tersebut dengan mengirimkan permohonan kepada team@akseleran.com u.p. Customer Service. - Perubahan Kebijakan Privasi
Setiap perubahan atas Kebijakan ini akan tertera pada halaman ini, dan apabila dipandang perlu akan diberitahukan kepada seluruh pengguna terdaftar melalui email atau metode lainnya.